SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU EKONOMI

SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU EKONOMI


Pada awalnya manusia membutuhkan makanan,pakaian,tempat tinggal yang memaksa mereka untuk bergaul dan menyelesaikan masalh masalh ekonomi dengan cara tradisional, misalnya berburu,bertani atau berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lain (nomaden) . pada awal kehidupan manusia belum ada istilah ekonomi. akan tetapi tidak di ragukan lagi bahwa masalh-masalh yang di hadapi manusia saat itu adalah masalah-masalah yang zaman sekarang di sebut dengan istilah masalah-masalah ekonomi.
 peristiwa pertama yang menandai lahirnya ilmu ekonomi adalah munculnya istilah ekonomi. kata EKONOMI secara etimologi berasal dari bahasa yunani dari asal kata oikos nomos yang artinya tata laksana rumah tangga atau pemilikan. namun istilah oikos nomos pada saat itu itadk mencangkup bidang luas. hanya sekedar tata laksana rumah tangga saja yaitu bagaimana memenuhi kebutuhan ruamh tangga.
 Perkembangan ekonomi sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan bermula pada tahun 1796, yaitu setelah terbitnya buku karya adam smith yang berjudul An inquiry into the nature and causes of the wealth of nations . Adam smith menekankan adanya invisible hand dalam mengatur pembagian sumber daya, sehingga peran pemerintah menjadi sangat dibatasi karena akan menunggu proses ini. konsep invisble hand ini kemudian direpresentasikan sebagai mekanisme pasar melalui harga sebgai instrumen utamanya. gagasan adam smith tersebut menjadi dasar bagi ahli ekonomi berikutnya seperti Thomas malthus, David Ricardo, dan john stuart mill.
 Aliran klasik mengalami kegagalan setelah terjadi depresi besar tahun 1930-an yang menujukkan bahwa sebagaian pasar tidak mampu mengajukan teori dalam bukunya. sebagai penanding aliran klasik, keynes mengajukan teori dalam bukunya General Theory of employment,interest and money yang menyatakan bahwa pasar tidak sealau mampu menciptakan kseimbangan, sehingga intervensi pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya. dua aliran ini kemudian saling bertarung dalam dunia ilmu ekonomidan menghasilkan banyak varian dari keduannya seperti: new classical, neo klasik, new keynesian, monetarist, dan sebagainya.namun dalam perkembangan Friedrich Engels, serta aliran institusioanal yang pertama di kembangkan oleh Thorstein veblen, kemudian oleh peraih nobel douglass C.north. ilmu ekonomi seing di sebut juga sebagai  The queen of social sciences karena telah mengambangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisa fenomena ekonomi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU EKONOMI"

Posting Komentar