Penyebab Mata Kucing Bersinar

Mata Kucing Mengeluarkan Sinar Pada Malam Hari

Kalian pernah melihat mata kucing yang bersinar di malam hari atau mata kucing bersinar saat terkena cahaya pada saat malam hari ?
Ternyata bisa dijelaskan loh, mau tau alasannya ?
Nah ini nih… mengapa bisa demikian... Alasan/penyebab mata kucing bersinar pada saat malam hari adalah:
  1. Kucing termasuk jenis hewan nokturnal
    Hewan nokturnal adalah hewan yang aktif pada waktu mlam hari. Dan hal itu termasuk aktifitas kebalikan yang di lakukan manusia. Jadi jangan heran kalau kucing kalian kerjaannya tidur terus waktu pagi/siang hari. Hewan nokturnal biasanya mengembangkan kemampuan penciuman, pendengaran, dan penglihatan. Dan salah satu hewan yang memiliki kemampuan itu adalah kucing. Karena kucing dapat beradaptasi pada kondisi minim cahaya. 

    Ternyata bukan cuma kucing loh yang termasuk hewan nokturnal, hewan lainnya juga ada yang termasuk hewan nokturnal , diantaranya :

    Tarsius
    Bangkong serasah
    Galago
    Kelelawar
    Kiwi
    Lipan
    Burung hantu
    Tikus
    Musang
    Lemur
    Kuskus
    Kukang
    Kucing


  2. Mata kucing dilapisi disebut tapetum lacidum,
    Tapetum lacidum adalah suatu lapisan yang terdapat pada mata, tempatnya di belakang atau sekitar retina dan biasa berada pada hewan vertebrata. Lapisan di belakang retina tersebut tersusun dari 15 sel, dan berfungsi untuk memperbanyak jumlah cahaya yang dapat diterima retina dan kembali memantulkannya. Hal itu yang menyebabkan mata kucing terlihat bersinar pada saat malam hari.

    Warna sinar yang dipantulkan sebenarnya berfariasi, ada hijau, biru, kuning, putih, merah dan lainya. Akan tetapi perubahan warna mata ini tidak berubah warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Jadi perubahan warna pada matanya tidak tentu.


  3. Pupil mata kucing beradaptasi sesuai lingkungannya,
    Pupil mata pada kucing berbeda-beda sesuai pencahayaan. Misalnya pada saat siang hari, pupil kucing akan berbentuk seperti garis lurus memanjang secara vertikal. Pada kondisi cahay minim pupil akan membesar untuk memperoleh cahaya atau meningkatkan cahaya yang diterima fotoreseptor. dan sebaliknya saat cahaya terang pupil akan mengecil. Keuntungan dari pupil yang mengecil tersebut ialah agar bisa melakukan kontrol yang lebih akurat untuk mengendalikan cahaya yang masuk ke mata.


  4. Kucing hanya membutuhkan 1/6 kekuatan cahaya,
    Hal ini memudahkan kucing untuk bertahan hidup pada malam hari dan dapat mendeteksi obyek dan benda-benda yang menjadi sasarannya, meskipun lingkungan di sekitarnya dalam keadaan gelap gulita.


Itulah penyebab mata kucing bersinar pada saat malam hari. Kadang kita melihatnya menyeramkan dan mengkait-kaitkannya ke hal mistis. Tapi setelah mengetahui penyebabnya seperti yang di tulis di atas jadi gak begitu takut kan ? hehe… semoga artikel ini bermanfaat ya.



--o0o--

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Mata Kucing Bersinar"

Posting Komentar